HALAMAN

Untuk Menghindari Penipuan, Pastikan Anda Melakukan Order Kepada Kami Hanya Dengan Nomor Kontak Yang Tercantum Di Halaman Contact Person Web Ini, Dan Kami Tidak Bertanggung Jawab Atas Penipuan Transfer Atau Order Selain Kepada Karyawan Resmi PT. Azka Sejahtera ## Telp. 082115414000 / 082240957085

Truck Mixer

Pengertian Truck Molen (Truck Mixer)
Dalam dunia kosntruksi ada banyak alat berat yang mendukung, salah nya ialah truk pengaduk beton. Pengaduk beton yaitu mesin yang dipakai untuk mengaduk beton. Mesin ini bisa berbentuk mesin statis, semi mobile ataupun full mobile (mixer truck).

Truck mixer atau umum juga dimaksud dengan truk molen mempunyai bermacam type dengan peranan sama, yakni mengangkut beton dari pabrik semen ke tempat kontruksi sembari melindungi ketekunan beton supaya tetaplah cair serta tidak mengeras dalam perjalanan. Truck type ini yaitu Alat transportasi spesial untuk beton cor curah siap gunakan (Ready mix concrete) yang didesain untuk mengangkut kombinasi beton curah siap gunakan dari Batching Plant (Pabrik Olahan Beton) ke tempat pengecoran. Umumnya truk ini dipakai dalam satu project besar.

Langkah Kerja Truck Mixer Pengangkut Beton Cor atau Truck Molen yakni,
Didalam Truck Molen berisi bahan Material kering serta air yang sistem pengadukan (pencampuran) bahan material itu berlangsung sepanjang saat transportasi ke tempat pengecoran. Untuk menjaga kestabilan kekentalan Beton cor yang ada didalam truk mixer ini lewat sistem agitasi atau memutar drum (Tangki yang ada di atas Truck mixer) yang sisi dalam drum itu diperlengkapi dengan spiral pisau satu arah perputaran putaran, jadi pengaduk material beton cor sepanjang saat transportasi ke tempat pengecoran.

Bila Truck Mixer Pengangkut Beton Cor atau Truck Molen tidak dapat mencapai ruang pengecoran, beton cor bisa disalurkan lewat pipa pompa beton (concrete pump) yang bisa diperpanjang sebagian mtr. (umumnya sepuluh mtr. atau lebih). Dengan mesin pompa beton ini sistem perpindahan beton cor ke ruang pengecoran jadi lebih cepat serta pas.

Truck Mixer Pengangkut Beton Cor atau Truck Molen biasanya tidak lakukan perjalanan lebih dari 2 jam. Banyak kontraktor mengharuskan Truk mixer ada di tempat pengecoran kurun waktu 90 menit sesudah pemuatan Material yang ditujukan untuk hindari beton cor didalam truk mengeras. Sebagian besar Truck Mixer Pengangkut Beton Cor atau TruckMolen memiliki kecepatan jalan terbatas, yakni pada 56 mil /jam (90 km/h).

Truck Mixer dapat dibedakan menjadi  jenis, yaitu :
1. Truck Mixer Mini (Truck Minimix concrete).

Truck Mixer mini mempunyai volume muat cor beton per 1x jalan 3 m³. Type truk ini lebih fleksibel untuk semuanya medan jalan, sempit maupun menanjak.

2. Truck Mixer Standard (Readymix concrete).

Truck Mixer Standard dipakai untuk mengangkut beton cor dari Pabrik Beton (Batching Plant) ke tempat pengecoran dengan daya angkut per truknya untuk 1x jalan 7 m³. Berisi semakin banyak 4 m³ dari type Truck Mini. Kekurangan dari truk ini tidak dapat terhubung jalan sempit serta menanjak.

Peranan  atau Fungsi Truck Molen (TruckMixer) :

Truck Molen (Truck Mixer) merupakan kendaraan yang dipakai untuk mengangkut adukan beton ready mix dari tempat pencampuran beton kelokasi project di mana sepanjang dalam pengangkutan mixer selalu berputar-putar dengan kecepatan 8-12 putaran permenit supaya beton tetaplah homogen dan tidak mengeras.

Peranan Alat concrete mixer truck. Alat ini digunakan untuk merubah batuan serta mineral alam jadi satu bentuk serta ukuran yang dikehendaki. Hasil dari alat ini umpamanya yaitu batuan bergradasi, semen, beton, serta aspal. Yang termasuk juga di dalam alat ini yaitu crusher serta concrete mixer truck. Alat yang bisa mencampurkan material-material diatas juga digolongkan kedalam alat pemroses material seperti concrete batch plant serta asphalt mixing plant.